Mobile Phone's Zone
Tips Trick HandPhone, Games/Application Java,and information Hand Phone and Gadget

Nokia 5800, Gebrakan Nokia di Pasar Musik Digital

Labels: ,


Nokia akhirnya meluncurkan ke pasaran ponsel terbarunya Nokia 5800 Express Music. Ini merupakan ponsel musik dan termasuk generasi pertama produk Nokia yang menggunakan layar sentuh sepenuhnya.

Nokia bukan yang pertama yang memproduksi ponsel musik dengan menggunakan layar sentuh. Sebelumnya sudah ada iPhone dari Apple dan T-Mobile G1 dari Google yang berbasis Android. Nokia 5800 diramalkan bakal menjadi pesaing utama iPhone yang diluncurkan tahun lalu dan berhasil menyedot perhatian banyak orang.

Pihak Nokia sendiri yakin, produk terbarunya ini akan sukses. Sejauh ini, Nokia telah berpengalaman menjual ponsel musik. Nokia telah menjual 300 juta perangkat yang menyediakan fitur musik dan 10 juta unit Nokia 5310 ExpressMusic, yang masuk kategori ponsel musik. Angka-angka penjualan itu membuat Nokia optimis bisa menggebrak pasar meski Nokia 5800 ExpressMusic datang belakangan.

Toko musik online

Langkah Nokia untuk masuk ke pasar musik digital tidak hanya dalam penyediaan perangkat namun juga mengembangkan model bisnisnya. Peluncuran Nokia 5800 diumumkan seiring dengan kehadiran Nokia's Comes With Music, yaitu jasa toko musik (Nokia Music Store) yang punya koleksi jutaan lagu. Kedatangannya bisa dibilang tepat, meski kalah start dengan Apple, karena dilakukan saat EMI, Universal, dan label musik besar dunia mulai bermain di pasar musik digital.

Toko musik online ini akan menjadi pesaing Apple yang saat ini menguasai pasar dengan layanan iTunes dan Google yang bekerja sama dengan toko MP3 Amazon. Sementara Nokia 5800 bakal membayangi iPhone-nya Apple dan ponsel-ponsel Android yang bakal keluar ke pasar mulai tahun depan.

Hanya dengan membeli Nokia 5800 ExpressMusic, orang diberi akses gratis selama setahun untuk mengunduh (download) lagu dari katalog yang tersedia di Nokia Music Store (http://www.musicstore.nokia.com). Setiap negara nantinya akan punya katalog tersendiri di Nokia Music Store. Untuk wilayah Asia baru Singapura yang sudah punya katalog (lihat http://music.nokia.com.sg). Orang dapat mengunduh lagu-lagu dari Nokia Music Store melalui komputer biasa atau perangkat nokia. Sinkronisasi dari komputer ke handset dengan mudah dilakukan dengan Windows Media Player 11.

Vice President Sales Nokia untuk wilayah Southeast- Asia Pacific, Chris Carr, di Singapura, pernah menyatakan, "Cara orang menikmati musik berbeda-beda di setiap daerah. Dengan menyadari hal itu, Nokia 5800 ExpressMusic memberi keluasaan kepada orang untuk menikmati musik yang mereka suka dalam cara mereka senangi."

Hebatnya lagi, semua koleksi yang berhasil diunduh menjadi koleksi si pengguna. "Kemerdekaan dan kesederhanaan dari layanan ini tidak terbandingkan. Comes With Music memberi Anda akses tak terbatas kepada jutaan koleksi di Nokia Music Store dan lagu-lagu itu kemudian menjadi milik (koleksi) Anda. Soalnya, bukan sebuah revolusi jika Anda tidak menjadikan (lagu-lagu) itu sebagai lagu koleksi Anda," kata Andrew Connel, Kepala Kategori Manajemen Enterteimen dan Komunitas, Nokia.

Setelah satu tahun, jika masih ingin mengunduh lagu lagi, orang harus membeli dengan sistem a la carte. Harga paket a la carte akan ditentukan kemudian. Koleksi lagu di Nokia Music Store berasal antara lain dari Universal Music Group, Sony BMG Music, EMI Group, serta lagu-lagu indie. Dalam menentukan lagu yang layak masuk katalog, terutama untuk lagu-lagu lokal, Nokia antara lain akan berpatokan pada tangga lagu populer di radio-radio lokal.

Namun pengguna Nokia belum bisa menikmati akses gratis ke Nokia Music Store tersebut. Pengguna di wilayah Inggris menjadi yang pertama yang dapat menikmati fasilitas itu mulai 16 Oktober. Sementara itu, pengguna di wilayah Asia-Pasifik dijadwalkan baru bisa masuk ke fasilitas itu awal tahun depan.

Tidak sekadar musik

Nokia 5800 ingin menawarkan apa yang umumnya orang ingin nikmati dari sebuah ponsel yang menyediakan musik, seperti suara yang jernih, speaker yang powerful, memori yang besar, dan tentu saja sinkronisasi. Ponsel musik yang merupakan hasil inovasi terbaru Nokia itu memungkinkan orang bisa menikmati alunan musik dengan kualitas suara hampir setara MP3 player.

Sebagai ponsel musik, seri ini dilengkapi speaker stereo surround. Dengan menggunakan perangkat stereo headset, kualitas suaranya akan terdengar lebih maksimal lagi. Nokia 5800 memiliki memori internal 8 GB plus kartu memori microSD 16GB. Baterenya bisa bertahan 35 jam (kalau hanya menyetel musik) dan dalam kondisi standby bisa bertahan 17 hari.

Sebagai sebuah ponsel, produk ini pun terandalkan. Layarnya berukuran 32 inci, berteknologi TFT dengan 16 juta warna. Dimensi layarnya mencapai 640x360 piksel. Sistem operasi user interface menggunakan Symbian 60 edisi 5.

Meski fokusnya pada musik namun Nokia 5800 juga dilengkapi fasitas Wi Fi untuk browsing internet, kamera 3.2 megapixel dengan lensa Carl Zeiss, speaker telepon yang bersuara bening, bluetooth, A-GPS dan Nokia Maps. Ponsel ini juga dilengkapi perangkat koneksi yang powerful dengan 3G, HSDPA, dan WLAN.

Sementara untuk mengimput data ada beberapa pilihan cara yaitu dengan menggunakan alphanumeric keypad virtual, keyboard QWERTY dan pena stylus, dan plectrum.

Ponsel ini juga menambahkan menu Contacts Bar dan Media Bar. Menu Contacts Bar memungkinkan pengguna menempatkan empat kontak favorit pada home screen dan dengan satu sentuhan bisa menelusuri sejarah digital dari pesan teks terbaru, email, catatan panggilan telepon, foto-foto dan update blog. Layar juga menawarkan shortcut dari home screen ke item menu seperti kalender, profil dan jam.

Sementara itu, menu Media Bar memungkinkan pengguna mendapat akses langsung ke musik, video atau foto. Dengan Media Bar Anda dapat secara langsung terhubung ke website atau online sharing. Pengguna juga bisa berbagi gambar dan video hanya dengan satu sentuhan melalui komunitas online semacam Share on Ovi, Flickr, dan Facebook. Daftar musik dan judul lagu dapat pula bagi melalui bluetooth, MMS dan online sharing.

Munculnya Nokia 5800 menegaskan posisi Nokia bukan hanya sebagai produsen ponsel semata. Nokia 5800 menandai masuknya Nokia ke dalam pasar musik digital yang semakin besar nilainya.

Sumber: KOMPAS.COM

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar,tapi jangan spam ya!

Related Posts with Thumbnails

Google Search

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Ads





GrowUrl.com - growing your website


Buy and sell Text Links

Guest Book


About Me

Foto saya
Saya adalah seorang "Blogger Pelajar" yang sedang mencari ilmu untuk bekal saya di masa depan

Info Terbaru

Site Rank

Followers

Recent Readers

Gabung di komunitas Sonyindo View Join

Related Websites

Comment Terbaru

Blog Rolls