Mobile Phone's Zone
Tips Trick HandPhone, Games/Application Java,and information Hand Phone and Gadget

Ponsel dibawah 1 juta kuasai 85% pasar HP

Labels:
roduk telepon seluler (ponsel) dengan harga di bawah Rp1 juta mendominasi pasar dengan menyerap 85% dari total pasar ponsel di Indonesia selama kuartal II/2008 yang mencapai sekitar 5,6 juta unit.

Ashadi Cahyadi, Senior Analyst Telecommunication Research IDC (International Data Corporation) Indonesia, mengatakan ponsel menyerap 94,3% dari total penjualan mobile device (peranti bergerak) di Indonesia selama April-Juni 2008 yang mencapai 6 juta unit.

"Kami mengistilahkan ponsel sebagai traditional devices (peranti tradisional), yaitu telepon genggam dengan fungsi dasar. Ponsel seharga di bawah Rp1 juta menguasai 85% pangsa pasar peranti tradisional," ujarnya.


Berdasarkan estimasi tersebut, total penjualan ponsel di Indonesia selama April-Juni 2008 mencapai sekitar 5,64 juta unit. Adapun, volume penjualan ponsel dengan harga di bawah Rp1 juta mencapai sekitar 4,8 juta unit.

IDC memilah produk peranti bergerak ke dalam tiga segmen. Selain traditional devices, dua kelompok produk lainnya adalah handheld devices dan converged devices. Yang dimaksud dengan handheld devices adalah produk personal digital assistant (PDA) tanpa berkemampuan telepon.

Adapun, converged devices adalah produk PDA berfitur telepon seluler, yang sering disebut juga dengan ponsel PDA. Produk smartphone atau ponsel pintar juga masuk dalam kelompok produk converged devices.

Ashadi menambahkan kehadiran ponsel lokal buatan China ikut meramaikan pasar converged devices, karena harganya relatif murah dengan fitur yang unit, yaitu mobile TV dan dual SIM card.

Menurut dia, produk yang berasal dari merek-merek mapan sempat terpengaruh oleh kahadiran produk China tersebut. "Namun, rata-rata para vendor mapan tidak berkeinginan untuk ikut latah dengan meproduksi ponsel yang memiliki fitur seperti itu," katanya.

Meningkat tajam

Secara umum, data IDC Indonesia menunjukkan bahwa volume penjualan peranti bergerak di Indonesia selama kuartal II/2008 meningkat sangat tajam, yaitu sebesar 74,9% dibandingkan dengan kuartal II/2007.

Pertumbuhan pesat tersebut juga didukung dengan banyaknya inovasi produk yang dikembangkan oleh para produsen handset untuk semua kategori, baik traditional, converged maupun handheld devices, sehingga turut menekan harga jual produk baru di pasaran.

Adapun, penguasaan pasar untuk kategori yang lain, yaitu handheld devices dan converged devices cenderung stabil.

Akan tetapi, menurut Ashadi, penjualan produk converged devices justru mengalami penurunan 17,1% dibandingkan dengan penjualan kuartal II/2007. "Namun, jika dibandingkan dengan kuartal I/2008 volume penjualannya meningkat 20,6%."

Mengenai kehadiran BlackBerry yang masuk kelompok converged device, analis IDC Indonesia itu melihat secara kuantitas belum mampu mengangkat kinerja segmen pasar yang mengalami penurunan 17,1% tersebut.

"Boleh dibilang, penjualan BlackBerry hanya marak di kota besar, terutama di Jakarta. Jadi, fenomena penjualannya tidak merata," lanjut Ashadi.

Fluktuasi permintaan tehadap converged devices lebih disebabkan oleh mekanisme penawaran-permintaan (supply-demand) di pasar.

Pasar handheld devices cenderung stabil, karena sekitar 75% untuk segmen ini adalah pelanggan korporasi. (Sumber: Bisnis Indonesia)
1 comments:

sekarang yang penting adalah fitur dasar dari ponsel yaitu sms dan telp. dengan ditambah sedikit fitur yaitu kamera vga, mp3 player dan radio. klo ponsel mahal hanya untuk Komunitas tertentu


Posting Komentar

Silahkan memberi komentar,tapi jangan spam ya!

Related Posts with Thumbnails

Google Search

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Ads





GrowUrl.com - growing your website


Buy and sell Text Links

Guest Book


About Me

Foto saya
Saya adalah seorang "Blogger Pelajar" yang sedang mencari ilmu untuk bekal saya di masa depan

Info Terbaru

Site Rank

Followers

Recent Readers

Gabung di komunitas Sonyindo View Join

Related Websites

Comment Terbaru

Blog Rolls